Uji Kinerja Katalis ZSM-5 dalam Konversi Aseton menjadi Hidrokarbon Aromatik

abstrak
Aseton merupakan senyawa organik yang dapat diproduksi dari proses fermentasi maupun dari hasil reaksi katalitik produk turunan biomassa. Akan menjadi suatu skema rute baru, apabila dari senyawa aseton tersebut dapat ditransformasi menjadi senyawa hidrokarbon aromatis. Senyawatersebut merupakan bahan baku utama yang penting dalam proses industri petrokimia. Apabila proses katalitik untuk produksihidrokarbon tersbut dapat diupayakan, maka dimasa depan bisa melepas ketergantungan pada minyak bumi.Penelitian ini bermaksud untuk mengembangkan proses reaksi katalitik untuk memproduksi senyawa monoaromatik dari aseton menggunakan katalis ZSM-5. Reaksi dilakukan didalam reaktor pipa pada suhu 673 K, space velocity 4 h-1, bertekanan atmosferik. Tiga macam sampel katalis ZSM-5 dengan rasio Si/Al=25, 75 dan 100 diuji kinerjanya untuk dievaluasi konversi, yield aromatik serta kestabilan kinerjanya (catalytic durability test) selama 10 jam.Hasil pengujian memperlihatkan ketiga katalis tersebut memiliki kinerja yang hampir sama selama 2 jam uji reaksi. Konversi aseton hampir mendekati 100 %, dengan yield diatas 70 %. Namun, katalis ZSM-5 rasio Si/Al=25 masih mampu mempertahankan kemampuan kinerjanya, sedangkan katalis ZSM-5 dengan rasio Si/Al=75 dan 100, lebih mudah mengalami deaktivasi. Hasil karakterisasi permukaan katalis baik sebelum maupun sesudah reaksi, memperlihatkan ketiga rasio katalis ZSM-5 tersebut semuanya mengalami penurunan luas permukaan katalis (luasan total maupun luasan pori katalis). Oleh karenanya, deaktivasi katalis tersebut sangat dimungkinkan karena terbentuknya kokas dan menutupi pori-pori katalis (pore blocking).
Kata kunci : Konversi aseton; rasio Si/Al; aromatik; ZSM-5, deaktivasi

5 Responses to Uji Kinerja Katalis ZSM-5 dalam Konversi Aseton menjadi Hidrokarbon Aromatik

  1. maulida mulya rahmawati berkata:

    assalamualaikum, saya sangat tertarik dengan topik ini, apa saya bisa meminta informasi tentang aseton lebih lengkap ?

  2. chemistits berkata:

    untuk informasi aseton yang sangat lengkap, buka aja di http://id.wikipedia.org/wiki/Aseton. tapi kalau kmu ingin diskusi lebih banyak tentang zeolit ZSM-5 ataupun zeolit A, saya bisa bantu…terima kasih.

  3. akda berkata:

    mas..mau tanya, katalis apa yang digunakan dalam reaksi hirokarbon??sehingga sisa reaksi tersebut dapat digunakan kembali.saya butuh informasi ini.saya tunggu balasannya.terimakasih sebelumnya…

  4. chemistits berkata:

    katalis itu kerjanya spesifik. sedangkan senyawa hidrokarbon itu kan jenisnya banyak sekali. jadi kalau kamu mau tanya masalah ini, kmu harus menyebutkan senyawa apa yang direaksikan dan direaksikan dengan apa…!!!terima kasih

  5. ivan berkata:

    mas… mau tanya, apa itu katalis.dan apa bisa dicampurkan dalam pengolahan daur ulang oli bekas.kalau bisa berfungsi sebagai apa katalis ini.terima kasih.

Tinggalkan komentar